Kamis, 31 Mei 2012

Arti Kejujuran

Kejujuran sangat sulit untuk dilakukan. Karena kejujuran membawa suatu konsekuensi pada diri kita. Konsekuensi harus dilaksanakan apa pun situasi dan kondisinya. Kejujuran saat ini sangat langka untuk ditemukan pada diri kita.

Apa arti Kejujuran?
Kejujuran adalah melakukan tindakan sesuai dengan hati nurani. Sesuai dengan hati nurani anda. Saya percaya hati nurani manusia adalah sesuatu yang suci berasal dari sang Pencipta Alam Semesta. Hati nurani selalu suci untuk melakukan apa yang menjadi baik baik dan buruk.

Hati nurani selalu membuat yang terbaik untuk dilaksanakan. Bila tidak sesuai hati nurani maka anda telah berbohong. Jujur memang mudah untuk dibicarakan tapi sangat sulit untuk dilaksanakan.

Saat kita melakukan tindakan pasti ada suatu pertentangan dalam hati kita. Pertentangan antara YA dan TIDAK. Suara hati sesuai hati nurani adalah baik untuk dilaksanakan. Tetapi ada sebuah alasan-alasan membenarkan ketika hati nurani mengatakan TIDAK kemudian kita melaksanakan YA. Sebuah "alasan yang membenarkan" ini adalah sebuah KEBOHONGAN.

Hati nurani adalah sebuah program untuk memberikan alasan mengapa kita bertindak. Program berasal dari pengalaman, rangkaian peristiwa perjalanan hidup manusia, karakter, pendidikan dan lingkungan.

Pembentukan hati nurani dari berbagai "software" yang ditanamkan dalam pikiran dan hati akan mempengaruhi bagaimana kita bertindak. Sebuah software yang baik tentu sesuai dengan kesucian hati nurani. Kesucian bebas dari noda "virus, spyware, adware maupun malware" yang membuat program "Kebohongan".

Semua kehidupan manusia modal pertamanya adalah kepercayaan. Kepercayaan bahwa mereka pasti jujur yang telah menjadi kesepakatan. Kepercayaan membawa kesuksesan.

Kejujuran memang pada awalnya akan mengorbankan "jangka pendek" untuk sesuatu yang lebih baik pada "jangka panjang". Kebohongan adalah mengambil kenikmatan "jangka pendek" untuk sesuatu yang lebih buruk pada "jangka panjang".
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat Sekuat Sinyalnya